One day trip Sukabumi


Pernahkah kalian berpikir “gw pengen liburan ke daerah tapi waktu gw cuman 1 hari?” mungkin hampir sebagian orang pernah berpikir seperti itu (termasuk gw sendiri haha). Pada saat itu gw cuman punya waktu 1 hari libur yaitu hari minggu. Akhirnya gw memutuskan untuk melakukan perjalanan singkat tapi keluar kota yaitu gw pergi ke daerah sukabumi. Siapa si yang tidak kenal sukabumi? Atau ketika mendengar kata Sukabumi langsung berpikir Moci? Haha

Sukabumi memiliki banyak sekali tempat wisata yang bagus-bagus, kali ini saya akan membahasnya salah satunya. Mungkin disini ada yang pernah dengar SituGunung?
Situgunung merupakan wilayah dari Taman Nasional Gede Pangrango, yang saat ini menjadi perbincangan para sobat pelancong yaitu Jembatan SituGunung (Suspension Bridge) yang memiliki panjang 250 meter dan memiliki ketinggian 150 meter dan memiliki lebar 2 meter. Dengan adanya Jembatan Gantung SituGunung ini sangat membantu yang dikarenakan dapat memangkas waktu untuk mencapai Curug sawer, yang biasanya memakan waktu kurang lebih 1 jam kini hanya sekitar 10 menitan saja. 

Curug Sawer  berada pada ketinggian  antara 900 -1300 mdpl. dengan curah hujan berkisar antara 1.500 – 4.500 mm per tahun, nah makanya airnya cukup deras, sehingga dilarang berenang kebagian tengahnya. Konon, semua rangkaian Curug Sawer  tersebut tercipta setelah seorang sakti yang tinggal di kaki gunung Ciremai, yang merupakan leluhur masyarakat Argalingga, menyelenggarakan upacara Saweran di sungai Cipada untuk mendapat berkah Tuhan bagi dirinya dan semua keturunannya. Selanjutnya, ia bertapa selama bertahun-tahun hingga wafat. Menurut cerita yang beredar di kalangan masyarakat, jasad pertapa itu tidak hancur melainkan menjelma seekor ular raksasa yang kemudian hidup secara gaib dan menjadi penjaga kawasan tersebut. Selama tapanya, terjadi banyak peristiwa alam yang luar biasa sehingga di sepanjang aliran sungai muncul lima buah curug yang airnya memancar menyerupai upacara saweran. Itulah sebabnya, kelima rangkaian curug ini dinamakan Curug Sawer.

Tiket masuk kawasan SituGunung Rp. 17.500,- (weekend) dan motor Rp. 5.000,-. Dengan harga yang sangat terjangkau kalian dapat menikmati keindahan, kesejukan Jembatan Gantung SituGunung dan Curug Sawer. Setelah menikmati pemandangan dari Jembtan Gantung SituGunung. Kalian bisa menikmati kesegaraan air dari Curug Sawer.




Rute menuju curug sawer & jembatan situgunung

Komentar

Postingan Populer